Pantai Kejawanan di Cirebon Cocok untuk Berburu Sunset

Pantai di Cirebon cocok untuk sunset
Pantai Kejawanan di Cirebon memiliki sunset yang eksotis. Foto: Dok. Pribadi.

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk memotret di Pantai Kejawanan, Cirebon. Selain cuacanya tidak terlalu panas, pencahayaannya pun tidak begitu keras seperti siang hari. Sunset di Pantai Kejawanan akan menyuguhkan langit berwarna jingga yang eksotis jika cuaca sedang cerah. Pengunjung pun bisa mencari spot terbaik untuk memotret seperti di garis pantai, maupun pelabuhan yang menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan, dan kapal barang.

Pantai di Cirebon ini masih termasuk dalam area kota. Lokasinya berdekatan dengan pelabuhan. Sehingga, akses menuju lokasi pantai cukup mudah. Anda hanya perlu membayar karcis Rp 3.000 ribu. Murah bukan? Untuk menuju lokasi anda hanya perlu menyusuri  jalan By Pass Yos Sudarso menuju arah selatan hingga pertigaan Tiga Berlian. Selanjutnya Anda tinggal berbelok ke arah Pelabuhan Cirebon.


Pantai di Cirebon yang eksotis
Deretan perahu nelayan di Pantai Kejawanan, Cirebon. Foto: Dok. Pribadi.
Di pinggiran dermaga, terdapat beberapa perahu nelayan yang bersandar. Biasanya para nelayan ini berangkat pada sore hari menjelang petang. Selain mencari ikan, nelayan di pantai Kejawanan ini juga menyewakan jasa angkutan perahu untuk sekedar berkeliling di laut dekat pantai.

Pantai di Cirebon untuk mancing
Pantai di Cirebon ini juga banyak pemancingnya. Foto: Dok. Pribadi.
Pantai di Cirebon ini bukan hanya menjadi tempat wisata pengunjung. Banyak juga di antara mereka yang datang untuk sekadar memancing. Terlihat seorang pria sedang memancing yang menarik perhatian saya. Dengan sedikit mengatur angle  akhirnya saya bisa mendapatkan foto tersebut. Oh, iya, karena cuaca cukup cerah saya harus menggunakan ISO rendah. ISO yang saya gunakan ialah 200 sedangkan white balance-nya berawan untuk mendapatkan warna yang cukup jingga.

Pantai di Cirebon cocok untuk Sunset
Sunset di Pantai Kejawanan Cirebon. Foto: Dok. Pribadi.
Rasanya tak cukup sekali jika mengunjungi Pantai Kejawanan ini, saya masih ingin mengeksplor kehidupan para nelayan, pedagang ataupun pengujung yang datang. Barisan perahu nelayan juga menjadi objek menarik tak ada habisnya untuk di eksplor karena pantai kejawanan ini satu spot yang memiliki banyak angle untuk ketahui.

*Semua koleksi foto dapat dilihat di akun Instagram saya

Postingan populer dari blog ini

Momen dalam Fotografi

Tentang Foto Makro Serangga: Proses dan Tips yang Perlu Diketahui

Fotografi Ekstrim: Tips dan Trik Memotret Petir