Tokopedia, Shopee hingga Bukalapak, Mana yang Banyak Dikunjungi Warga +62?

Foto: dok. vdbsvcs

Istilah belanja online sudah tak asing lagi dewasa ini. Transaksi belanja yang memanfaatkan platform digital ini sudah banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Bahkan pesta belanja online juga rutin diadakan melalui Hari Belanja Online Nasional atau akrab di telinga dengan sebutan Harbolnas. Perayaannya biasanya diadakan menjelang akhir tahun.


Belanja online menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam belanja. Orang-orang yang dulunya harus mengunjungi toko atau pusat perbelanjaan, kini tinggal diam di rumah dan barang yang diinginkan pun datang diantar kurir. Sebuah kepraktisan yang membikin konsumennya ingin dan ingin lagi untuk berbelanja online.


Saat ini sudah banyak platform belanja online yang tersedia. Mereka umum disebut sebagai e-commerce atau toko online. Seiring dengan merebaknya tren belanja online, kehadiran toko online pun kian menjamur. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan lainnya yang berasal dari dalam negeri. Belum lagi pemain dari luar seperti Shopee, Lazada, Zalora dan lainnya.

 

Baca juga: Dengan Sertifikat Digital Pengguna Internet Miliki Satu Data Tunggal


Dari sekian banyaknya toko online yang ada, manakah yang paling banyak dikunjungi warga +62 atau Indonesia untuk berbelanja online? Mengutip situs CupoNation, berikut ini data pengunjung toko online dalam rentang 6 bulan terakhir yakni Januari-Juni 2019. 


Perlu diketahui, CupoNation mengumpulkan jumlah trafik desktop dan seluler dari 34 toko online untuk periode Januari hingga Juni melalui SimilarWeb. Dalam paparannya, CupoNation tak menyantumkan pengunjung unik. Jika salah satu pengunjung yang sama mengunjungi website sebanyak 5 kali selama periode survei, maka jumlah yang dihitung sebanyak 5 kunjungan.


Dalam paparan berjudul 'Toko Online Terpopuler di Indonesia: Mengungkap Ritel Website dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak di 2019', berikut lima toko online populer di Indonesia selama semester I 2019.


Tokopedia menjadi pemuncak daftar dengan total pengunjung sebanyak 805,5 juta. Tokopedia banyak diakses melalui seluler sebanyak 630,8 juta, dan desktop 174,7 juta. Sementara itu posisi kedua ditempati Bukalapak. Total pengunjung selama 6 bulan periode survei sebanyak 588,3 juta. Jumlah pengunjung Bukalapk melalui seluler sangat mendominasi. Perbandingannya 496,8 juta (seluler) berbanding 91,5 (desktop).


Setelah dua toko online lokal, urutan ketiga ditempati Shopee dengan jumlah kunjungan sebanyak 476,5 juta. Mirip dengan Bukalapak, pengunjung toko online bernuansa oranye ini pun didominasi dari seluler (399,7 juta). Sedangkan pengunjung yang menggunakan desktop sebanyak 76.7 juta.


Baca juga: Tangani Berita Hoax, Menkominfo Temui Facebook dan Twitter


Kemudian di bawah Shopee, bertengger e-commerce milik Alibaba Group, yakni Lazada. Total pengunjung secara keseluruhan Lazada sebanyak 289,5 juta. Jumlah kunjungan yang berasal dari perangkat seluler sebanyak 255,6 juta dan desktop 33,9 juta.


Blibli, toko online milik anak usaha PT Djarum, mengunutit di posisi kelima. Blibli banyak diakses melalui perangkat seluler sebanyak 121,7 juta. Pengunjung Blibli yang berasal dari perangkat desktop hanya sebesar 88,7 juta. Secara keseluruhan Blibli mendapatkan trafik pengunjung sebanyak 210,4 juta. 


Berdasarkan data di atas, warga +62 lebih banyak mengunjungi toko online melalui perangkat selular. Persentase jumlah pengunjung seluler terbanyak dimiliki Lazada (88,29%), Bukalapak (84,44%), dan Shopee (83,90%). Sementara Tokopedia hanya sebanyak 78,31% dan Blibli 57,86%.


CupoNation
Daftar e-commerce populer di 2019. Foto: CupoNation


Postingan populer dari blog ini

Momen dalam Fotografi

Tentang Foto Makro Serangga: Proses dan Tips yang Perlu Diketahui

Fotografi Ekstrim: Tips dan Trik Memotret Petir