Curug Baligo; Pesona Air terjun Tersembunyi di Kabupaten Majalengka

Curug Baligo Majalengka
Curug Baligo di Majalengka

Curug Baligo menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi. Seperti diketahui Kabuapten Majalengka terkenal dengan wisata alamnya yang beragam mulai dari paralayang, perkebunan teh, curug atau air terjun hingga talaga atau danau. Sebagian besar keindahan alamnya masih terjaga dan alami.

Salah satu destinasi yang banyak dikunjungi ialah objek wisata air terjun atau biasa disebut Curug. Jumlah air terjun yang berada di Kabupaten Majalengka cukup banyak, hal itu karena letak geografisnya yang berdekatan dengan gunung Ciremai, banyak aliran sungai yang bersumber dari perbukitan di sekitar lereng Gunung Ciremai.

Meski terkenal dengan Curug Maja, ternyata Kabupaten Majalengka masih memiliki wisata air terjun yang tak kalah indahnya. Curug Baligo atau Air terjun Baligo, merupakan objek wisata air terjun yang terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi atau lebih tepatnya berada di Blok Baligo.

Akses Menuju Curug Baligo


Akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah dilalui dan beraspal. Jarak tempuh dari Kota Cirebon maupun Majalengka hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi. Meski begitu, saya sarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Selain jalan yang sempit, luas parkiran pun sangat terbatas. Anda hanya akan diminta uang parkir untuk masuk ke lokasi objek wisata.

Akses jalan masuk menuju air terjun berada ditengah perkampungan dan hanya terpasang sebuah banner. Anda sebaiknya banyak bertanya kepada warga sekitar agar tidak terlewati. Selain itu, bawalah bekal dan minuman secukupnya karena di lokasi objek wisata masih minim pedagang yang menjajakan perbekalan.

Dari lokasi parkiran kendaraan, Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak untuk sampai ke lokasi di mana air terjun berada. Perjalanan ditempuh sekitar 10 menit dengan disuguhkan pemandangan sawah dan bukit-bukitnya. 

                Ketinggian Curug Baligo mencapai 30 meter     


Tips Menuju Curug Baligo


Untuk bisa mendekat ke sumber air terjun, Anda harus melewati jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut dibuat ala kadarnya oleh warga, sehingga anda harus berhati-hati melewatinya karena pijakannya cukup licin. 

Suasana asri pegunungan masih terasa. Rimbunnya pepohonan juga menambah kesejukan tempat ini. Sayangnya meski belum banyak pengunjung yang datang, sampah botol plastik dan makanan ringan cukup banyak dibuang begitu saja.

Curug Baligo Wisata Majalengka
Selepas pulang sekolah anak-anak SMP ini memilih bermain disekitar Curug.

Berhati-hatilah ketika menginjak bebatuan. Selain basah bebatuan di sekitar curug juga berlumut, sehingga cukup licin saat diinjak. Agar tidak bosan dengan pemandangan air terjun, anda bisa melihat ke sekeliling, terdapat beberapa hewan kecil seperti capung dan burung yang bisa dijadikan objek memotret.

Jenis Jenis capung
Diantara serangga dan hewan kecil lainnya, capung adalah hewan yang cukup mudah dipotret

Walaupun masih belum dikenal banyak orang, tetapi keindahan air terjun dan sejuknya udara di Curug Baligo wajib anda kunjungi untuk sekedar melepas penat, hunting foto, mapun rekreasi bersama keluarga.

*Foto tersebut diambil awal tahun 2015. Jika terdapat informasi terkini mengenai Curug Baligo mohon cantumkan di kolom komentar 


Postingan populer dari blog ini

Momen dalam Fotografi

Tentang Foto Makro Serangga: Proses dan Tips yang Perlu Diketahui

Fotografi Ekstrim: Tips dan Trik Memotret Petir