Nintendo Switch versi Mini Diprediksi Rilis Pada 2019

Nintendo Switch Mini Meluncur 2019

Nintendo saat ini boleh dibilang tengah kegirangan. Pasalnya, hybrid console buatannya, Switch, sedang laku keras di pasaran. Sebuah grup riset SuperData mengungkap bahwa perangkat tersebut saat ini telah terjual sebanyak 2,4 juta unit di seluruh dunia. Padahal Nintendo baru saja meluncurkan Switch sebulan yang lalu.

Dengan pencapaian tersebut, muncul sebuah prediksi bahwa perusahaan asal Jepang itu akan menghadirkan varian lain dari Nintendo Switch. Perusahaan di bidang investasi dan perbankan, Citigroup Inc mengatakan, bahwa akan ada Nintendo Switch versi ringan yang disebut Switch Mini.

Prediksi Citigroup Inc berdasarkan pada desain Swtich saat ini yang tergolong bongsor dan berat. Meski digunakan sebagai perangkat portable yang mudah dibawa ke mana saja, namun ukurannya masih terlalu besar jika digunakan oleh anak-anak. Pihaknya pun memprediksi bahwa konsol tersebut akan diluncurkan pada Maret 2019.

"Meskipun Nintendo Switch digunakan untuk perangkat handheld, kami pikir anak kecil akan kesulitan menggunakannya dengan nyaman karena ukuran dan bobotnya. Dengan demikian, kami pikir Nintendo akan merilis Switch yang lebih ringan dengan kemungkinan dinamakan Switch Mini," ungkap Citigroup Inc yang dikutip dari Bloomberg, Sabtu (15/4/2017).

Alasan perusahaan tersebut memang ada benarnya. Jika dibandingkan dengan portable console milik Sony, PlayStation Vita, Nintendo Switch memang memiliki tubuh yang bongsor dan bobot yang lebih berat. Berdasarkan uraian situs resminya, PS Vita memiliki dimensi 183,6 x 85,1 x 15 mm dengan berat 219 gram.

Sementara itu Switch memiliki dimensi 102 x 239 x 13,9 mm jika dipasangkan dengan Joy Controller. Bobotnya, yakni 297 gram dan akan lebih berat jika ditambah controller yakni menjadi 398 gram. Perbedaan ukuran keduanya sebanding dengan penyajian layar. Jika PS Vita memiliki luas layar 5 inci, maka ukuran layar Switch lebih lega yakni 6,2 inci.

Selepas kabar laris manisnya konsol Switch di pasaran, saham Nintendo pun langsung mengalami kenaikan. Berdasarkan laporan pada Jumat (14/4/2017) di Tokyo, saham perusahaan tersebut naik sebesar 2,1%. Nintendo diketahui berhasil menjual 906.000 unit Switch yang berada di kawasan Amerika Serikat.

Meski tak memprediksi harga Nintendo Switch versi Mini, namun Citigroup Inc memperkirakan akan ada 6,7 juta perangkat Switch Mini yang terjual di 2019 jika benar-benar direalisasikan. Di periode yang sama, perusahaan juga memperkirakan konsol Switch yang ada saat ini akan terjual sebanyak 25,7 juta unit.


Sumber: Bloomberg (Foto: PC Advisor) 

Postingan populer dari blog ini

Momen dalam Fotografi

Tentang Foto Makro Serangga: Proses dan Tips yang Perlu Diketahui

Fotografi Ekstrim: Tips dan Trik Memotret Petir