Rekomendasi Aplikasi Keyboard Android Terbaik

Aplikasi Keyboard Android Terbaik
Ilustrasi aplikasi keyboard Android terbaik.
Fleksibiltas adalah keunggulan yang dimiliki oleh sistem operasi berbasis open-source seperti Android. Oleh karena itu, kita bisa dengan mudah mengganti beberapa aplikasi bawaan semisal keyboard  dengan tampilan dan fitur yang berbeda.

Dari sekian banyaknya aplikasi keyboard yang tersedia di playstore, beberapa diantaranya merupakan aplikasi berbayar. Namun masih banyak juga developer yang memberikannya secara cuma-cuma atau gratis. Berikut ini beberapa rekomendasi keyborad berbayar maupun gratis yang bisa anda pilih, dikutip dari CNET.com (10/2015);

1. Google Keyboard (Gratis)

Google Keyboard
Tampilan dari Google Keyboard                                                 foto: CNET
    Google Keyboard merupakan salah satu keyboard dengan fitur terbaik yang mendukung perintah suara (speech-to-text), kamus prediksi dan prediksi kata.

Tersedia untuk perangkat Android mulai dari versi 4.0 hingga versi terkini. Aplikasi ini memiliki fitur personalisasi seperti tema, suara, getaran, layout dan fitur atuo-corection.

Fitur lain yang tak kalah menariknya ialah tersedianya 25 bahasa lebih dan mendukung penggunaan emoji. Tampilannya sendiri cukup sederhana yang merupakan ciri khas dari Google.

2. Fleksy (Berbayar)

Fleksy Keyboard
Tampilan Fleksy Keyboard                                            foto: CNET
    Keyboard satu ini menawarkan kecepatan dan keakuratan dalam mengetik. Meskipun berbayar, namun anda masih bisa mencobanya dalam versi trial selama 30 hari. Fleksy Keyboard memiliki lebih dari 2 lusin tema, 800 emoji, gesture, pengaturan transparasi, personalisasi layout dan terdapat lebih dari 40 bahasa. Meski memiliki tampilan yang sederhana, virtual keyboard ini cukup menawan dan nyaman digunakan. Selain itu, untuk mempercantik tampilannya, Fleksy Keyboard telah mendukung gambar bergerak dengan berformat GIF yang bisa digunakan untuk tampilan gambar di background.

3. Minuum (Berbayar) 


Minuum Keyboard
Tampilan Minuum Keyboard                                                      foto: CNET
    Minuum Keyboard memiliki ciri khas tersendiri. Aplikasi ini membantu anda yang memiliki ukuran jari lebih besar dari biasanya. Keunikan yang dimiliki oleh virtual keyboard ini ialah fitur prediksi kata nya yang cukup akurat. Sehingga seolah ia akan tahu apa yang ingin anda ketikkan.

Seperti pada keyboard lainnya, Minuum juga memiliki dukungan multi bahasa dan layout. Tersedia hampir 900 emoji, akses cepat thesaurus, kamus dan  pencarian menggunakan mesin pencari Google. Anda bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari selama masa percobaan atau dalam versi trial.

4. Ai.Type (Berbayar)


Ai Type Keyboard
Tampilan Ai.type Keyboard                                                        Foto: CNET
   Jika anda menginginkan keyboard dengan sejumlah kustomisasi, aplikasi ini mungkin menjadi pilihan terbaik anda.  Ai.type dikenal sebagai keyboard dengan fitur personalisasi yang cukup melimpah. Terdapat ratusan desain berbeda yang bisa anda dapatkan melalui Theme Market yang dimilikinya. Selain itu anda pula dapat mengatur warna tampilan, background, font dan lainnya menjadi seperti yang anda kehendaki.

Ai.type memiliki lebih dari 800 emoji, lusinan input bahasa dan fitur lainnya seperti word prediction, auto-correction dan auto-completion.

5. SwiftKey (Gratis)


Swiftkey Keyboard
Tampilan SwiftKey Keyboard                                                           foto: CNET
   "Oldie but Goodie", itulah ungkapan yang pas disandingkan untuk SwifKey Keyboard. Meski sudah lama hadir untuk perangkat Android, aplikasi keyboard ini masih tetap menjadi pilihan terbaik. Fitur yang dimilikinya masih terbilang standar layaknya aplikasi keyboard pada umumnya yang memiliki fitur auto-correction, pengaturan tema, prediksi kata, layout dan dukungan emoji tentunya. Selain itu terdapat pula fitur yang dapat memprediksi frase yang sering digunakan sehingga dapat mempersingkat durasi pengetikan.

6. Go Keyboard (Gratis)


Go Keyboard
Tampilan Go Keyboard                                                            Foto: CNET
Go Keyboard memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak dibandingkan dengan apliaksi keyboard lainnya. Apliaksi ini memiliki keunggulan dari sisi layout dan tema yang beragam. Terdapat lebih dari 10.000 tema yang dapat digunakan dan lebih dari 60 bahasa yang dimilikinya.

Dari segi fitur, Go Keyboard menawarkan suggestion word, voice-to-text, swipe-to-type dan word correction. 

Apliaksi virtual keyboard ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kustomisasi tampilan keyboard.

7. Swype (Berbayar)


Swype
Tampilan Swype Keyboard                                  foto: CNET
Bosan dengan cara mengetik? Aplikasi keyboard satu ini bisa menjadi pilihan alternatif. Swype Keyboard mengistimewakan cara mengetik yang berbeda dari biasanya. Dengan menggeserkan jari, anda bisa merangkai kata demi kata. Bukan hanya efisien, aplikasi ini juga memiliki ketepatan kata yang cukup akurat.Selain itu anda juga masih bisa menggunakan fitur input vioce-to-text yang mengkonversi suara menjadi kata. Jika anda berminat, terdapat 30 hari masa trial yang dapat anda gunakan untuk merasakan sensai mengetik yang berbeda.

Sumber: CNET



Postingan populer dari blog ini

Momen dalam Fotografi

Tentang Foto Makro Serangga: Proses dan Tips yang Perlu Diketahui

Fotografi Ekstrim: Tips dan Trik Memotret Petir